Selasa, 30 Desember 2014

Manfaat Belajar Teknologi Informasi

Menjadi mahasiswa di Universitas Jenderal Ahmad Yani sangat melelahkan sekaligus menyenangkan. Satu hal yang saya syukuri setelah empat bulan ini. Segala hal yang saya peroleh di dalam pembelajaran, Saya coba menerapkannya dalam kehidupan saya sehari-hari. Saya sadar hal ini juga karena Ilmu Teknologi Informasi merupakan ilmu terapan yang memang berguna untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

Di mata kuliah Teknologi Informasi saya belajar banyak hal. Saya belajar untuk menjadi manusia yang up to date dan tahu tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi informasi. Saya belajar tentang sejarah lahirnya teknologi. Saya disadarkan kalau perkembangan peradaban manusia membuat teknologi bisa berkembang seperti sekarang ini. Teknologi yang dulunya berukuran besar dan mahal (baca: komputer) kini telah hadir dengan ukuran yang kecil dan harganya yang bervariasi. Kini hampir di setiap rumah mahasiswa dapat kita temui Personal Computer (PC) atau notebook (komputer jinjing) yang bisa dibawa kemana-mana. Selain itu kita bisa membuka usaha dengan cara berjualan secara online di dalam suatu website dengan adanya teknologi informasi menggunakan internet.

Belajarlah bijak dalam menyikapi apapun tak terkecuali dengan teknologi.Belajar untuk menghargai komunikasi tatap muka (komunikasi langsung) walapun kebanyakan orang sekarang malas untuk bertemu langsung. Manusia bahkan lebih mengandalkan teknologi tersebut (seperti smart phone, tablet) untuk menyampaikan pesan mereka kepada orang lain yang dituju. Tentu saja hal ini tidaklah selalu berdampak baik bagi manusia. Frekuensi komunikasi langsung menjadi berkurang. Manusia makin asyik sendiri dengan aktivitasnya di dunia maya dan lupa bahkan malas bersosialisasi dengan sesamanya di dunia nyata. Akibatnya, hubungan manusia dengan sesamanya tak lah hangat seperti dulu. Bagaimana pun, kita harusnya tetap lebih memilih berkomunikasi secara langsung dengan orang lain selagi orang itu masih bisa kita temui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar